September 30, 2017

INILAH KEUTAMAAN SHALAT JAMAAH YANG BANYAK ORANG TIDAK TAHU

Share on :


Banyak orang tidak tahu tentang keutamaan Shalat berjama’ah, sehingga meremehkan bahkan menganggap hal tersebut tidaklah penting untuk dilakukan. Namun ternyata shalat secara berjama’ah memiliki banyak sekali keutamaan, berikut sedikit kutipan dari kitab I’anatut Tolibiin tentang shalat secara berjama’ah.



1. Berjama'ah dalam shalat Maktuubah (wajib) yang Ada'an (bukan Qodho) adalah Sunnah Muakkadah (Sunnah yang sangat dianjurkan).

2. Shalat Berjama'ah fadhilahnya melebihi shalat Munfarid sebanyak 27 derajat sebagaimana hadist yg diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim.

3. Paling sedikit berjamaah adalah 1 imam dan 1 Ma'mum.

4. Shalat jama'ah ini merupakan kekhususan bagi umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

5. Banyak hadist yang menjelaskan Fadhilah/keutamaan shalat Berjama'ah, diantaranya yg diriwayatkan oleh Imam Thobroni dari sahabat Anas bin Malik: "Barangsiapa berjalan menuju shalat fardhu berjama'ah maka seperti melaksanakan Haji,dan barangsiapa berjalan untuk melakukan Shalat Sunnah,maka seperti melakukan Umroh Sunnah".

6. Para Ulama Salaf menganggap bahwa tertinggal shalat berjama'ah (shalat Munfarid) adalah sebuah musibah. Sebuah kisah tentang seorang ulama salaf yang pergi ke kebun kurma nya,lalu ketika kembali dari kebun kurma nya ternyata semua orang sudah selesai melakukan Shalat ashar berjamaah, beliau berkata: "Aku tertinggal jama'ah,maka aku persaksikan kepada kalian bahwa kebun kurma ku itu akan aku sedekahkan kepada orang2 miskin".

7. Sahabat Ibnu Umar pernah tertinggal jama'ah isya,akhirnya karna penyesalan, beliau melakukan Shalat sepanjang malam sampai terbit fajar untuk menambal ketinggalan jama'ah isya'.

8. Ubaidillah Ibnu Umar Al Qowaririy berkata: "Aku tidak pernah ketinggalan shalat berjamaah,pada suatu ketika aku tersibukkan dengan adanya tamu sehingga tertinggal jama'ah isya di masjid,,kemudian setelah tamunya pergi aku keluar mencari masjid agar bisa shalat isya berjamaah,ternyata semua masjid sudah tertutup karena telah selesai jamaah isya, akhirnya aku kembali ke rumah dalam keadaan sedih dan aku ingat sebuah hadist bahwa shalat jamaah itu pahalanya 27 derajat dibanding shalat Munfarid,,lalu aku memutuskan utk shalat isya sebanyak 27 kali,,saat aku tidur aku bermimpi menunggang kuda bersama orang2 yang juga menunggang kuda,mereka semua berada di depanku,aku berusaha mengejar tapi tidak bisa,lalu ada satu dari mereka menoleh ke arahku dan mengatakan bahwa aku tidak bisa mengejar mereka karena mereka melakukan Shalat isya berjamaah,sedangkan aku shalat isya sendirian (walaupun 27X),, dan aku terbangun dengan keadaan sedih dan menyesal".
9. Jika ada 2 pilihan antara shalat dirumah dengan berjamaah atau shalat di masjid sendiri,maka lebih baik shalat dirumah dengan berjama'ah.

10. Semakin banyak jamaah semakin baik,,tapi jika antara 2 pilihan: shalat jamaah dirumah dengan jamaah lebih banyak dibanding shalat jamaah di masjid dengan jamaah lebih sedikit, maka lebih utama shalat di masjid berjamaah, meskipun jamaahnya lebih sedikit.

)إعانة الطالبين الجزء: ٢ ص: ٥-(٧

Wallahu A'lam.
Semoga kita diistiqomahkan bisa selalu shalat berjamaah,, syukur-syukur bisa di masjid... :)
* قال النبي:

من دل على خير فله مثل أجر فاعله.
"Barangsiapa menunjukkan sebuah kebaikan,maka baginya pahala sebagaimana pahala orang yang melakukan kebaikan itu".



Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

1 comments:

Terima kasih informasinya...sangat bermanfaat :)

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)