16 Juni 2011

CARA MUDAH MENGHAFAL

Share on :


Setiap orang pasti ingin pintar. Gak ada insan di dunia ini yang mau menjadi bodoh, ataupun memperbodohi diri sendiri. Sebagai mahasiswa dan pelajar, ataupun semua yang masih menuntut ilmu, pasti pernah merasakan sulitnya belajar, sulitnya menghafal. Apalagi yang di hafal mengenai tulisan atau bacaan yang jarang kita konsumsi, contohnya seperti menghafal bait-bait al-quran,  nadzom-nadzom kitab, rumus-rumus matematika, kimia, fisika, istilah-istilah yang gak ngerti apa artinya, dan yang lain yang membuat kita jengah, ya kan???
Nah kali ini, saya ingin berbagi bersama teman-teman semua, gimana agar kita semua mudah menghafal. Yah, sebenarnya saya juga belum sempurna mempraktekkannya, jadi hasilnya belum maksimal. Tapi insyaallah akan lebih di maksimalkan lagi, mengingat sekarang saya dah duduk di semester II, mata kuliah dah mulai ngejelimet dan memeras otak saya banget.




1.          Bersungguh - sungguh dan kontinuitas dalam mempelajari semuanya.
Segala sesuatu harus dimulai dengan niat yang sungguh-sungguh. Jika ingin mendapatkan hal yang maksimal, tentu kita harus berusaha maksimal juga kan?? :o
Terus,,hal itu harus dilakukan secara kontinue, jangan cuma mentok disana2 aja.

2.          Menyedikitkan makan
Menurut dr. Syafrina, banyak makan membuat kita merasa ngantuk, Kenapa??? Karena stimulasi makanan yang kita makan akan mempengaruhi kerja sistem otak kiri, yang cenderung berpikir enak. Stimulus itu akan mempengaruhi daya otak, menjadi cepat lelah, dan akhirnya mengantuk. Hehehehe

3.          Membiasakan melakukan shalat sunah di sepertiga malam yang akhir, seperti Tahajud. Disaat ini lah kita memohon dan berdoa kepada Tuhan yang maha mengetahui, kaya akan ilmu.

4.          Membiasakan diri membaca Alquran
Setelah membaca al-quran, biasanya pikiran kita akan tenang, dan otomatis akan membuat kita tenang dalam mempelajari dan menghafal pelajaran.

5.          Membiasakan membaca bacaan berikut sebelum membuka, membaca, dan atau menghafal kitab/pelajaran:
"Bismillaahi wa subhaanallaahi wal hamdu lillaahi wa laa ilaa ha illallaahu wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adhiim. al- 'aziizil 'aliim".
Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar, dan tiada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Yang Mahaluhur lagi Mahaagung, Mahamulia, dan Maha Mengetahui."


6.          Setiap selesai shalat fardhu lima waktu membaca: “Aamantu billaahil waahidil ahadil haqqi wahdahu laa syariikalahu wa kafartu bimaa siwaah”.
Artinya: "Aku percaya kepada Allah Yang Mahaesa ZatNya, sifat-sifatNya, dan perbuatanNya, yang hak berdiri sendiri, tiada sekutu bagiNya, dan aku mengingkari sesuatu selain Allah."

7.          Memperbanyak bershalawat kepada Nabi saw, menghindari dosa, dan meninggalkan maksiat.

8.          Membiasakan diri sikat gigi (bersiwak).

9.          Meminum madu, memakan anggur merah 21 buah setiap pagi sebelum makan apa-apa, juga makan kurma minimal 7 buah setiap hari.

10. Tidak membicarakan sesuatu yang sia-sia, sedikit bergurau, bergaul dengan ulama dan orang-orang sholeh.

11. Ilmu yang didapatkan tidak semata untuk memperoleh kenikmatan duniawi, namun juga diniatkan untuk memperoleh ridho ilahi.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa diperoleh dari Kitab"Ta'limul Muta'allim Thariqit Ta'allum karya Syeikh Tajuddin Nu'man bin Ibrahim bin Al-Khalil Zarnuji, yang disyarah(diberi komentar) oleh Syeikh Ibrahim bin Ismail. Semoga kita bisa mengamalkan, dan mendapat kemudahan dalam menggapai cita-cita. Amin.



Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)