20 Februari 2012

ADAB/TATA KRAMA BUANG HAJAT

Share on :

Bismillah Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan agama Islam dengan menghiasinya Bimakaarimil Akhlak (Akhlak Terpuji). Sekali lagi penulis menegaskan bahwasanya tidak ada hal apapun dalam Islam kecuali telah diatur segala macam tata caranya. Satu-satunya agama sempurna yang telah Allah ridhoi bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia fana ini.

          Lagi-lagi Islam menaruh perhatiannya pada hal-hal yang terlihat sepele, seperti tata krama ketika kita berada dalam kakus atau kamar mandi. Dalam hal ini penulis mengambil sebuah referensi kitab salaf bertajuk “Bidayatul Hidayah” karya seorang ulama besar yang juga pengarang kitab Rujukan termasyhur sampai saat ini “Ihya ‘Ulumuddin” yaitu Al-Imam Al-‘Alamah Syekh Abi Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali.

          Dalam kitab setebal 103 halaman tersebut dijelaskan dengan sejelas-jelasnya bahwa ketika seseorang berada dalam kamar mandi, hendaknya memperhatikan beberapa adab atau etika sebagai berikut :
  1) Ketika masuk ke dalam kamar mandi, mendahulukan kaki kiri, dan ketika keluar mendahulukan kaki kanan.
2)              2)  Jangan membawa barang-barang apapun yang di barang tersebut tertulis Asma      Allah dan Rasulullah.
3)       3) Jangan masuk dalam keadaan kepala terbuka dan dalam keadaan tidak memakai alas    kaki.
4)    Berdo’a sebelum masuk dalam kamar mandi dengan do'a :
الْخَبَائِثِ وَ الْخُبُثِ مِنَ أَعُوْذُبِكَ إِنِّي اللَّهُمَّ
     dan saat keluar darinya dengan do'a: غُفْرَانَكَ
 5) Menuntaskan segala apa yang menjadi hajat, setelah buang air kecil hendaknya tangan kiri memperlakukan hasafah (alat kelamin) sebanyak 3 kali agar semua urinnya keluar.
Itulah adab ketika kita  berada dalam kamar mandi, sedangkan ketika kita berada diantara tanah lapang dan hendak buang hajat maka ada beberapa hal yang hendaknya dihindari, yaitu:
1)    Hindari dari penglihatan orang lain dengan cara menutup dengan sesuatu yang dapat digunakan untuk menutup.
2)   Jangan membuka aurat sebelum sampai pada keadaan duduk.
3)   Jangan menghadap dan membelakangi matahari, bulan, dan kiblat.
4)   Jangan bercakap-cakap dengan orang lain selagi buang hajat.
5)   Jangan buang hajat di air yang tenang (tidak mengalir), dibawah pohon yang berbuah dan di lubang.
6)   Dan jangan buang hajat (kencing) melawan arus angin karena ditakutkan akan terkena najis dari percikan air kencingnya. Perlu diketehui bahwa menurut Rasulullah kebanyakan orang disiksa dalam kubur karena tidak bisa menjaga air kencingnya (percikannya).
Itulah adab-adab/ tata krama seorang yang hendak buang hajat. Semoga kita semua dapat mengamalkan apa yang telah dijelaskan dalam kitab Bidayatul Hidayah tersebut.
Tak hanya dalam kitab tersebut, banyak kitab-kitab salaf (biasa dikenal dengan kitab Gundul/ kitab Kuning) yang juga menerangkan adab-adab ketika hendak buang hajat yang tak lain referensi para ulama dalam mengarang kitab-kitab tersebut adalah berasal dari Baginda Rasulullah, makhluk paling terpuji akhlaknya, paling santun tingkahnya serta paling indah tutur katanya. Dalam segala aspek kehidupan, Rasul telah mencontohkannya melalui perilakunya yang dengan jelas Allah pun memujinya dalam Al-Qur’an: “Benar-benar nyata dalam diri Rasulullah itu ada suri tauladan yang baik bagi orang-orang yang mengharapkan Allah dan Hari Akhir (Al-Ayat)”. Telah nyata lah bahwa segala apapun yang ada dalam diri Rasulullah adalah sebuah cerminan sempurnanya Akhlak Manusia.
Maka dari itulah kita yang mengaku sebagai umatnya, hendaknya sedikit demi sedikit mengikuti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah, meskipun sulit mencapai tingkatan akhlak seperti rasulullah, setidaknya ada upaya kita untuk Ittiba’ /mengikuti Rasulullah, sehingga kelak di Akhirat kita benar-benar menjadi orang-orang yang diakui oleh Beliau sebagai orang-orang yang akan menerima Syafaatul Udhma beliau di hari dimana tidak ada Syafaat/ pertolongan yang dapat menolong kita kecuali Syafaat Beliau….Amin Amin Yaa Robbal ‘Aalamiina.

Wallahu A’lamu…………………



Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

1 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)