26 September 2011

Karya Tulis Pendidikan VII

Share on :


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN PADA KENDARAAN RINGAN BAGI SISWA KELAS XI M02 SMK MUHAMMADIYAH PEKALONGAN  TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Abstraks: PTK ini bertujuan meningkatkan motivasi dan prestasi rata-rata dalam kompetensi OTO.KR050.006.003 bagi siswa kelas XI MO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar tentang kompetensi tersebut. Model pembelajaran kooperatif menyumbangkan ide bahwa bekerjasama dalam belajar dan bertanggungjawab terhadap teman satu timnya mampu membuat diri mereka belajar sama baiknya. Tindakan yang dilakukan adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD. PTK ini melaksanakan tiga siklus guna memperoleh gambaran efek tindakan. Simpulannya, dengan model pembelajaran kooperatif STAD motivasi siswa melakukan percobaan meningkat, juga meningkatnya prestasi rerata kompetensi OTO.KR50.006.003. Nilai rata-rata unjuk kerja siswa siklus 1, diperoleh 7,58 / baik, tebarannya Sangat Baik 11 siswa; Baik 10 siswa; Cukup 15 siswa; Rendah 1 siswa. Siklus 2, naik menjadi 7,79 / baik, tebarannya Sangat Baik 11 siswa; Baik 22 siswa; Cukup 4 siswa. Dan, siklus 3, naik lagi menjadi 7,91/ baik, tebarannya Sangat Baik 17 siswa; Baik 20 siswa.  

Kata Kunci : otomotif; pembelajaran kooperatif STAD, sistem starter, dan kendaraan
                     ringan

PENDAHULUAN
Cakupan kelistrikan otomotif meliputi : sistem penerangan dan lampu tanda; elektromotor untuk sistem starter, pembersih kaca, buka tutup kaca pintu; sistem bahan bakar; sistem pengisian; instrumentasi, dan sistem pengapian pada mesin bensin ( Buntarto, 1993; 12 ). Oleh karena itu, konsep kelistrikan harus dikuasai oleh seorang mekanik otomotif. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan mensyaratkan bahwa dalam bidang kelistrikan, seorang mekanik harus menguasai sembilan belas kompetensi. Salah satunya ialah kompetensi memperbaiki sistem starter dan pengisian. Kompetensi berkode OTO.KR50.006.003 sub kompetensinya meliputi : menguji sistem/komponen dan mengidentifikasi kesalahan/kerusakan; serta memperbaiki sistem dan komponen – komponennya.


*) Guru Otomotif  SMK Muhammadiyah Pekalongan
[Download]



Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)