1 Oktober 2011

Karya Tulis Pendidikan IX

Share on :


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA TENTANG OPTIK GEOMETRI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN  CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)  DENGAN VARIASI MODEL EKSPERIMEN DAN DISKUSI
( Study  Kasus di Kelas X RSBI SMA Regina Pacis Surakarta )
 
PC.DJAKA SUGIJANTA *)

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar fisika tentang optik geometri bagi siswa kelas X RSBI SMA Regina Pacis Surakarta. Penelitian ini dilakukan kepada populasi siswa X RSBI di SMA Regina Pacis Surakarta pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 melalui penerapan pendekatan CTL ,Metode yang digunakan meliputi: Diskusi kelompok dan eksperimen di dilaboratorium, pengumpulan data melalui test hasil belajar, sedangkan analisis data menggunakan cara deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil test pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian diperoleh peningkatan dari nilai rata-rata 61,8 menjadi 80,2 atau meningkat sebesar 29 %. Sehingga dapat disimpuilkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Kata kunci : hasil belajar, fisika, optik geometri, CTL




Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)