24 Mei 2011

Karya Tulis Pendidikan II

Share on :


IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED (JARING LABA-LABA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HUKUM INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2009

Abstrak: Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah tingkat hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran Hubungan Internasional dan Organisasi Internasional pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran terpadu tipe webbed (jaring laba-laba) dapat meningkatan hasil belajar pada materi Hukum Internasional bagi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Surakarta Semester 2 tahun 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus meliputi perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa dalam belajar mengalami peningkatan dan siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar minimal atau meraih nilai 72 sebanyak 18 siswa pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 23 siswa. Nilai rata-rata ketuntasan pada siklus 1 adalah 79 kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 88. Siswa yang belum tuntas padaa siklus 1 sebanyak 9 siswa kemudian pada siklus 2 menurun menjadi 4 siswa. Rata-rata nilai yang belum tuntas pada siklus 1 adalah 65 kemudian pada siklus 2 menurun menjadi 60.

Kata kunci : webbed (Jaring laba-laba), hasil belajar, dan hukum internasional




Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)