18 Februari 2012

MINUM SAMBIL DUDUK

Share on :

Air adalah unsur paling esensial dalam kehidupan makhluk hidup, oleh karenanya air sangatlah dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup, Tak terkecuali manusia. Berkaitan dengan kebutuhan air dalam tubuh, rasulullah telah memberikan tauladan luar biasa dalam memenuhi kebutuhan unsur yang satu ini.

Dalam kehidupan islam, tak ada satu hal pun yang tidak diatur dalam tata cara pelaksanaannya. Bahkan hal sekecil apapun ada dalam tata cara yang telah dicontohkan oleh orang paling mulia disisi Allah, Rasulullah Muhammad SAW.

Dalam hal minum, Rasulullah pernah melarang salah seorang sahabatnya yang minum dalam keadaan berdiri. Dalam sebuah hadis diceritakan:
dari Abu Hurairah R.A Rasulullah bersabda: “Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan ! (HR. Muslim).


Perlu diketahui bahwa setiap apa yang diSabdakan oleh Rasulullah bukanlah berasal dari hawa nafsunya, melainkan wahyu dari Allah tuhan semesta alam. Sehingga dalam kenyataannya, apa-apa yang dilarangnya dapat dipastikan akan ada dampak buruk bila kita melakukannya. Dalam hal ini, penulis mengambil contoh diatas, yaitu cara minum dalam keadaan berdiri yang dilarang oleh Rasulullah.

Belakangan para ahli kesehatan menemukan fakta bahwa dalam tubuh manusia, terdapat penyaring yang disebut Sphincter. Saringan tersebut dapat terbuka ketika kita duduk, dan sebaliknya akan tertutup ketika kita berdiri.

Air yang kita minum belum 100% steril untuk diolah oleh tubuh. Ketika kita minum dalam keadaan berdiri, sphincter tersebut tertutup sehingga air yang  kita minum tersebut langsung masuk kedalam kantung kemih tanpa tersaring terlebih dahulu sehingga berpotensi menyebabkan penyakit Kristal ginjal, dikarenakan banyaknya limbah-limbah yang tersisa di dalam ureter.

Subhanallah……………Allah benar-benar telah mengatur segala hal sekecil apapun bagi hambaNya. Beruntunglah kita yang masih diberi kasih sayang oleh Allah untuk memeluk Agama yang semprna ini. Semua hal yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah bentuk kasih sayang Allah kepada kita semua.

Wallahu A’lamu…..:^-^



Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)