20 Februari 2012

MENUNTUT ILMU

Share on :

Agama Islam adalah agama yang sangat mengedepankan Ilmu bagi setiap pemeluknya. Di setiap aspek dalam kehidupan beragama islam, selalu dikaitkan dengan Ilmu, entah itu Ilmu agama ataupun Ilmu pengetahuan secara umum. Keutamaan orang-orang yang berilmu pun tidak sedikit dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist.
        Rasulullah sendiri adalah makhluk termulia yang memiliki pengetahuan luas luar biasa, sehingga tidak salah jika beliau dinobatkan sebagai manusia paling berpengaruh sepanjang masa, bahkan oleh para orang-orang non-muslim sekalipun. Dalam kaitannya dengan Ilmu, banyak sekali Hadist-hadist yang menjelaskan perintah menuntut Ilmu, diantara yang paling mashur dan tidak asing ditelinga kita adalah:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمةٌ

“Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan”.

        Begitu pentingnya kedudukan ilmu, sehingga Rasulullah sangat menekankan umatnya untuk menuntut ilmu, bahkan sampai ke negeri terjauh seperti dalam salah satu sabdanya. Karena kedudukan ilmu yang sangat fundamental inilah, maka para Tholibul Ilmi (penuntut Ilmu) juga memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah. Dijelaskan bahwa ketika ada seorang yang sedang menuntut ilmu, maka semua makhluk Allah mendoakan dan memintakan ampun untuknya, bahkan seekor paus di laut tak henti-hentinya memohonkan ampun baginya serta memohonkan kemudahan baginya dalam menuntut ilmu. Demikain Allah mengangkat derajat para hambaNya yang berilmu.
        Allah tidak saja mengangkat derajat Shohibul Ilmi (Orang yang berilmu) di dunia, melainkan juga di Akhirat. Dalam suatu kesempatan, Rasulullah pernah bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ

“Barangsiapa berjalan disuatu jalan untuk menuntut ilmu, maka akan dimudahkan baginya jalan menuju surga”.
        Ilmu adalah alat atau sarana untuk mewujudkan sebuah kesuksesan, baik di dunia maupun di akhirat. Dalam kesempatan yang lain, Rasulullah pun bersabda:
“Barang siapa mengharapkan kesuksesan dunia, maka dengan ilmu. Dan barang siapa mengharapkan akhirat juga dengan perantara ilmu. Dan barang siapa mengharapkan keduanya (Dunia & Akhirat) maka juga dengan ilmu”.
        Dalam Al-Qur’an pun dijelaskan bahwasanya Allah ‘Azza Wajalla akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu setelah orang-orang yang beriman, seperti firmanNya:
“Allah Akan mengangkat Derajat orang-orang yang beriman diantara kamu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.
        Subhanallah, demikian islam menjunjung tinggi keberadaan Ilmu dalam kehidupan pemeluknya, dan semua ilmu adalah datanya dari Dzat yang maha berilmu, dzat yang maha mengetahui segala sesuatu yang tampak maupun yang samar. Dzat yang senantiasa tidak pernah  luput dari mengetahui terhadap makhlukNya.
        Demikian sedikit ulasan tentang keutamaan ilmu dan orang-orang yang berilmu disertai beberapa dalil yang mendasarinya, namun dikarenakan keterbatasan penulis, hanya bisa mengambil sedikit sekali dari  banyaknya dalil tentang itu semua. Akhirnya, semoga tulisan yang singkat ini dapat menjadi pelecut, pengobar api semangat, dan pendorong semangat  kita semua dalam menuntut Ilmu  dijalan Allah. Amin amin amin yaa Robbal ‘Alamiin.
Wallahu A’alamu………….^_^



Artikel Terkait:

MUNGKIN BEBERAPA ARTIKEL DIBAWAH INI ADALAH INFORMASI YANG ANDA CARI:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar, jangan ada spam, sara, dan pornografi. saya menghormati komentar selain itu..........:)